Minggu, 09 Juni 2013

Makna dan Pandangan Hidup

Edit Posted by with No comments
Setiap manusia memiliki pandangan hidup. Pandangan hidup sudah menjadi kodrat hidup manusia. Pandangan hidup manusia bertujuan menentukan arah dan masa depan mana yang akan dituju, dan mana yang akan dicapai. Dengan pandangan hidup tujuan hidup menjadi lebih jelas, memiliki target ke depan. Pandangan hidup juga menjadikan manusia menjadi bersemangat dalam menjalani hidup karena memiliki target yang ingin dicapai kedepannya.
      Pandangan hidup seseorang seringkali menjadi nilai yang subjektif karena pandangan hidup sesungguhnya bukanlah hal yang didapatkan begitu saja. Kebanyakan diantaranya pandangan hidup didapatkan berdasarkan hasil pemikiran yang masuk akal. Menjadikan pandangan hidup membutuhkan proses pencarian yang cukup lama dan di dapat diuji oleh kenyataan.
      Pandangan hidup secara tidak sadar membuat manusia memiliki cita-cita, memiliki sesuatu yang ingin dicapai di kemudian hari. Dapat diartikan bahwa cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pemikiran manusia. Bila cita-cita yang diinginkan tidak/belum tercapai itu biasa disebut dengan angan-angan. Jika pandangan hidup seseorang dipakai dan disetujui oleh organisasi/kelompok maka itu disebut sebagai ideology.
      Ketika lulus Sekolah Menengah Atas pastilah memiliki cita-cita untuk meneruskan kejenjang yang selanjutnya, selain menjadi cita-cita melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi sudah menjadi kewajiban sebagai lulusan Sekolah Menengah Atas. Disinilah pandangan hidup yang menentukan kemana arah yang akan dituju, meneruskan ke Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, atau ke Sekolah Tinggi lainnya. “Kemanakah anda akan melangkah selanjutnya?”. Banyak orang yang berpendapat “lebih baik  kuliah di PTN apa pun jurusannya karena nama dari Perguruan Tinggi Negeri menjual ketika masuk ke dunia pekerjaan” , ada juga yang berpendapat “kuliah dimanapun baik di PTN, PTS, atau manapun asal prospek ke kedepannya bagus dan menjanjikan”. Pandangan hidup mana yang dipilih?

      Pandangan hidup saya lebih kepada “kuliah dimanapun baik di PTN, PTS, atau manapun asal prospek ke kedepannya bagus dan menjanjikan”. Saya memiliki pandangan hidup seperti itu karena berprinsip “apa yang kita tanam itu lah yang kita tuai di kemudian hari”. Nama dari Perguruan Tinggi bukanlah tolak ukur kesuksesan kita nantinya. Kemampuan (skill) adalah hal yag diutamakan sekarang ini walaupun kuliah di PTN favorite pun tapi tidak memiliki skill apapum tetap saja tidak memiliki masa depan yang menjanjikan. Itulah salah satu pandangan hidup saya.

0 komentar:

Posting Komentar