Selasa, 28 Oktober 2014

Ragam Kedokteran Indonesia

Edit Posted by with No comments

Pembaca~ pada tulisan saya kali ini saya akan membahas ragam bahasa dalam ilmu kedokteran. Disebabkan luasnya ragam bahasa dalam ilmu kedokteran saya membatasi pokok pembahasan, saya hanya akan membahas tentang bakteri. Ada yang tau bakteri itu apa??? Bakteri (dari kata Latin bacterium; jamak: bacteria) adalah kelompok organisme yang tidak memiliki membran inti sel.Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi.Beberapa kelompok bakteri dikenal sebagai agen penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok lainnya dapat memberikan manfaat dibidang pangan, pengobatan, dan industri.Struktur sel bakteri relatif sederhana: tanpa nukleus/inti sel, kerangka sel, dan organel-organel lain seperti mitokondria dankloroplas.Hal inilah yang menjadi dasar perbedaan antara sel prokariot dengan sel eukariot yang lebih kompleks.Bakteri dapat ditemukan di hampir semua tempat: di tanahairudara, dalam simbiosis dengan organisme lain maupun sebagai agen parasit (patogen), bahkan dalam tubuh manusia. 
Di alam ada berbagai macam bakteri yang kita ketahui ada yang menguntungkan dan ada juga yang merugikan. Yang menguntungkan antara lain  Lactobacillus casei berperan dalam pembuatan keju dan yoghurt. Acetobacter xylinum berperan dalam pembuatan asam cuka dan nata de coco. Streptococcus lactis dan S. cremoris berperan dalam pembuatan keju dan mentega. Lactobacillus bulgaricus berperan dalam pembuatan yoghurt (susu asam). Spirulina berperan dalam pembuatan PST (protein sel tunggal). Bacillus brevis berperan dalam pembuatan antibiotik tirotrisin. Bacillus subtilis berperan dalam pembuatan antibiotik basitrasin. Bacillus polymyxa berperan dalam pembuatan antibiotik polimiksin. Streptomyces griseus berperan dalam pembuatan antibiotik streptomisin.Pseudomonas denitrificans berperan dalam pembuatan vitamin B12. Streptomyces venezuelae berperan dalam pembuatan antibiotik kloromisin. Streptomyces aureofaciens berperan dalam pembuatan antibiotik aureomisin. Streptomyces rimosus berperan dalam pembuatan antibiotik tetrasiklin. 
Yang merugikan atara lain Vibrio cholerae dapat mengakibatkan penyakit kolera. Mycobacterium tuberculosis dapat mengakibatkan penyakit TBC. Mycobacterium leprae dapat mengakibatkan penyakit lepra. Shigella dysentriae dapat mengakibatkan penyakit disentri. Salmonella typhi dapat mengakibatkan penyakit tifus. Pasteurella pestis dapat mengakibatkan penyakit pes. Clostridium tetani dapat mengakibatkan penyakit tetanus. Treponema pallidum dapat mengakibatkan penyakit sifilis. Neisseria gonorrhoeae dapat mengakibatkan penyakit gonore. Bordetella pertusis dapat mengakibatkan penyakit batuk rejan. Leptospira sp. dapat mengakibatkan penyakit leptospirosis. 
Sekian yang dapat saya bagikan untuk pembaca sekalian. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih



0 komentar:

Posting Komentar