Minggu, 29 Juni 2014

Windows 2000/2003 Domain

Edit Posted by with No comments
Pada desain ulang Windows Server 2000, Microsoft mempunyai tujuan yang berbeda yaitu menciptakan sistem operasi yang harus mampu mendukung pemakai dengan jumlah besar (enterprise). Untuk itu Microsoft memperkenalkan konsep baru yang disebut Active Directory (AD). Konsep yang sama juga digunakkan oleh Windows Server 2003 dengan sejumlah perbaikan untuk mempermudah adminitrasi AD tersebut.

Pada Active Directory, sumber daya diatur dengan struktur hierarki. Microsoft menggunakkan istulah domain untuk penyesuaian dengan Windows NT. Namun, domain-domain Windows 2003 tersebut sekarang dibawah naungan AD, berupa struktur pohon . Dengan konsep AD ini, suatu domain dapat mempunyai anak-anak domain dan membentuk domain tree dan seterusnya. domain pertama yang dibuat adalah domain induk. semua domain di dalam suatu domain tree memiliki informasi bersama mengenai domain tersebut. Demikian pula domain-domain tree yang sama, secara otomatis memiliki two-way (bidirectional) transistive trust relationship.

Windows 2003 juga mendukung konsep domain tree ganda. Jika dibutuhkan pembaca dapat membuat domain tree yang bar disamping domain tree yang sudah ada. Contoh.. microsoft.com dan hotmail.com merupakan dua perusaah besar yang memiliki pemilik yang sama tetapi memiliki organisasi yang berdiri sendiri. Jelas bukan bahwa Active Directory memberikan kemudahan untuk mengatur jaringan bahkan untuk perusahaan seperti contoh diatas. Domain tree dapat terdiri dari sejumlah domain yang berupa kantor-kantor cabang atau departemen-departemen tetapi pengaturan jaringan dapat dilakukan oleh satu administrator jaringan saja.

Agar mempermudah manajemen jaringan, dalam domain dapat dibuat Organization Unit (OU) yang dapat memuat OU lainnya atau kelas objek lain. Sehingga dalam satu domain saja, sebetulnya objek-objek dalam domain sudah dapat disesuaikan dengan struktur organisasi perusahaan, cukup dengan menggunakkna sejumlah OU. Oleh karena itu sebaiknya penggunaan domain ganda sebaiknya dihindari. Objek merupakan unit terkecil dalam Active Directory, dapat berupa seorang pemakai atau sebuah komputer. Sedangkan kelas objek berupa grup dari sejumlah objek.

Dalam mengatur dan menyimpan informasi-informasi mengenai suatu objek yang berada di domain, Windows Server 2003 menggunakkan konsep yang dinamakan layanan direktori yang berfungsi sebagai semacam direktori bukutelpon yang menyimpan nama dan nomor telpon. Dengan menggunakkan direktori telpon, kita dapat mencari nomor telpon seseorang dengan sangat mudah

0 komentar:

Posting Komentar