Minggu, 29 Juni 2014

Struktur Active Directory

Edit Posted by with No comments
 Active Directory (AD) PADA Windows Server 2003 mempunyai dua jenis struktur yang disebut strukur logika dan struktur fisik. Sesuai dengan namanya, struktur logika ini diatur sesuai dengan kepentingan organisasi tanpa berpengaruh pada letak sebenarnya dari objek. Struktur logika ini memberikan fleksibilitas yang tinngi untuk administrator jaringandan sangat mudah diperluas untuk masa dating jika diperlukan. Struktur fisik dari AD berupa domain controller dan sites. Jika Window NT menggunakkan PDC dan BDC, maka Windows Server 2003 menggunakkan konsep domain master domain controller ganda dimana setiap domain controller mempunyai tingkatan yang sama sehingga dinamakna domain controller saja (DC).

Site merupakan kelompok IP subnet suatu LAN dimana replikasi antar domain –controller harus dapat dilaksanakan dengan baik. Oleh sebab itu,persyaratan kece[atan hubungan jaringan antara domain controller yang berada dalam site yang sama yaitu minimum 500 Kbps. Site domain pada arsitektur fisik ini dapat berfungsi secara bolak-balik. Suatu site dapat memiliki sejumlah domain, dan sebaliknya bergantung kebutuhan sutu domain tunggal pada sejumlah site.

Fungsi utama struktur fisik adalah suatu pengaturann replikasi. Jika dalam suatu database salah satu domain controller berubah, ,maka perubahan ini direplikasikan ke domain controller lainnya yang berada dalam domain yang sama. Oleh karena itu, pada waktu mendesain site, kecepatan hubungan antara site dengan aplikasi yang lain sangatlah sulit.
Ada dua tipe replikasi yaitu :

  1. Intra-site Replication
  2. Inter-site Replication

0 komentar:

Posting Komentar