Jumat, 26 Oktober 2012

BAB IV PEMUDA DAN SOSIALISASI

Edit Posted by with No comments

Mencari artikel tentang prestasi yang dicapai dalam generasi muda secara nasional atau internasional:
Delegasi Indonesia Memenangkan 3rd Asean Undergraduate Quiz Bowl Competition 2011
 
Mahasiswa Indonesia kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Kali ini kabar baik datang dari delegasi Indonesia untuk 3rd Asean Undergraduate Quiz Bowl Competition 2011 di Bangkok, Thailand. Pada kompetisi bergengsi di tingkat Asean ini delegasi Indonesia berhasil memperoleh juara 1, mengungguli tim lain dari berbagai negara di Asean.
Acara 3rd Asean Undergraduate Quiz Bowl Competition 2011 merupakan lomba cepat tepat pangan mahasiswa S1 di tingkat Asean yang diadakan sejak 2007 oleh Asean Committee on Science and Technology (ASEAN COST) dan Federation of Institutes of Food Science and Technology in Asean (FIFTSA). Acara ini adalah bagian dari rangkaian acara 12th Asean Food Conference 2011 yang diadakan setiap dua tahun sekali. Pada tahun ini kegiatan tersebut dilaksanakan di BITEC, Bangkok, Thailand pada 16 s.d. 18 Juni 2011.
Pada ajang tersebut tim Indonesia diwakili oleh Jovian Bunawan, Adeline Kartika Putri, Steffi Agustine, dan Meiliana Lukman dari Universitas Pelita Harapan (UPH). Selama persiapan di tingkat Asean mereka didampingi tim dosen UPH dan Persatuan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI). Ketika ditanya bagaimana kesan atas prestasinya, kapten tim Indonesia, Jovian Bunawan, menjawab dengan bersahaja, “ Prestasi ini merupakan prestasi Indonesia, kami hanya mewakili saja. Yang berharga bagi saya tidak hanya pencapaian ini namun jauh lebih dari itu. Melalui ajang ini saya mendapat pengalaman yang begitu berharga, mendapat banyak teman baru, dan tentunya juga wawasan. Sungguh momen yang luar biasa!”.
Sebelumnya, tim ini telah menjuarai lomba cepat tepat pangan mahasiswa S1 di tingkat nasional yaitu pada ajang 1st Indonesia Food Bowl Quiz Competition (1st IFBQC) 2011 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia (HMPPI) dan PATPI. Ajang 1st IFBQC terdiri dari beberapa tahap lomba. Tahap pertama merupakan seleksi tingkat regional pada 1 s.d. 15 Maret 2011 yang telah dilaksanakan di enam regional yaitu regional Sumatera (Universitas Andalas), Jabodetabek (Institut Pertanian Bogor (IPB)), Jawa Barat (Universitas Padjadjaran), Jawa Tengah-D.I. Yogyakarta (Unika Soegijapranata), Jawa Timur (Universitas Brawijaya), dan Kalimantan (Universitas Mulawarman). Seleksi ini diikuti oleh 78 tim dari berbagai universitas di Indonesia. Tahap berikutnya adalah semifinal dan final pada 20 dan 21 Mei 2011 dimana 9 tim terbaik dari 6 regional dipertandingkan kembali di IPB. Sebagai juara 1 pada 1st IFBQC, dengan legitimasi dari PATPI tim UPH didaulat sebagai tim perwakilan Indonesia pada 3rd Asean Undergraduate Quiz Bowl Competition 2011.
“Kali pertama dan juara pertama” adalah ungkapan yang dirasa tepat untuk prestasi ini. Pasalnya tahun ini adalah kali pertama Indonesia mengirimkan delegasinya dan adalah pencapaian luar biasa karena Indonesia berhasil memperoleh juara 1. “Membanggakan sekali tentunya, tidak menyangka kalau teman-teman UPH bisa berhasil di kali pertama mencoba. Ini hebat sekali padahal kita belum punya pengalaman sama sekali dalam kompetisi itu bila dibandingkan dengan negara-negara lain, tapi ternyata kita bisa unggul. Artinya pemuda Indonesia tidak kalah bersaing dan punya potensi besar, padahal persiapan kita untuk kompetisi itu masih dirasa kurang. Persiapan kurang optimal saja sudah bagus hasilnya, apalagi kalau bisa optimal,” ujar Dewi Octaviany selaku ketua HMPPI berpendapat.
Ke depannya HMPPI bersama PATPI berencana untuk terus mengadakan Indonesia Food Bowl Quiz Competition untuk memilih perwakilan Indonesia untuk ajang serupa di tingkat Asean. Ajang kompetisi sejenis ini bertujuan untuk memacu jiwa kompetitif dan meningkatkan daya saing mahasiswa Indonesia dengan didasari bahwa pemahaman keilmuan ini tentunya tidak boleh terbatasi dinding kelas kuliah sebagai wahana belajar, akan tetapi berbagai ajang kompetisi keilmiahan pun turut berperan dalam penajaman pemahaman keilmuan. Lebih dari itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan sinergisme organisasi profesi profesional (PATPI) dan organisasi profesi mahasiswa (HMPPI) untuk mempersiapkan generasi penerus teknolog pangan Indonesia yang berkualitas dan berwawasan di masa depan dengan basis keilmuan dan keprofesiannya.
Oleh
Murdiati
Koordinator Nasional 1st IFBQC 2011
Staf Ahli Hubungan Internasional HMPPI
Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan IPB (2007)

0 komentar:

Posting Komentar