Jumat, 26 Oktober 2012

BAB III INDUVIDU, KELUARGA, dan MASYARAKAT

Edit Posted by with No comments

Menulis tentang fungsi keluarga
Ø  Fungsi keluarga adalah segala tugas dan pekerjaan yang harus dilakukan oleh keluarga. Macam-macam fungsi-fungsi keluarga yaitu:
a.       Fungsi  biologis yaitu menyelenggrakan pernikahan pada anak-anaknya. Berupa: pengetahuan kehidupan dalam berkeluarga, pengetahuan tentang cara menjadi suami/istri yang baik untuk kelarga, pengetahuan mengenai bagaimana menjadi kepala keluarga yang bertanggung jawab, pengetahuan tentang cara mengatur rumah tangga yang baik,pengetahuan cara mendidik anak yang baik dan benar.
b.      Fungsi pemeliharaan yaitu fungsi keluarga yang dapat melindungi keluarganya dari segala masalah baik dari dalam maupun dari luar. Berupa: mampu menyediakan rumah sebagai tempat berlindung dan tempat untuk tinggal yang layak, mampu memelihara kesehatan semua keluarga, mampu memberikan rasa aman pada keluarga ketika dalam masalah/bahaya.
c.       Fungsi ekonomi yaitu dapat memberikan biaya (financial) untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga. Berupa: sandang, papan, pangan.
d.      Fungsi sosial yaitu dapat memperkenalkan keluarga pada kehidupan sosial yang ada di masyarakat luar, memberikan pengarahan yang baik dan yang buruk mengenai kehidupan sosial, mengajarkan bagaimana peran mereka (anak-anak) di dunia luar kelak, mampu mengajarkan sopan santun dan tata krama yang baik dan benar.
e.       Fungsi keagamaan yaitu mampu mengajarkan, menjalani, mengamalkan agama yang dianut, mengajarkan bahwa Tuhan yang Maha Esa itu ada dan wajib beriman kepada-Nya.

0 komentar:

Posting Komentar