Kamis, 28 Maret 2013

Peranan Mahasiswa Terhadap Kemajuan Bangsa di Masa Sekarang

Edit Posted by with 1 comment
Setiap manusia haruslah memiliki waktu untuk membangun bangsanya sendiri. Terutama saat menjadi generasi muda. Karena generasi muda haruslah memiliki rasa tanggung jawab untuk meningkatkan kemajuan bangsanya melalui pembangunan-pembangunan pada masanya. Haruslah ditanamkan suatu pola pikir “Pemuda adalah ‘akar’ dari pembangunan bangsa” karena dengan begitu mereka akan sadar semua kewajiban yang harus dia lakukan terhadap bangsa ini. Generasi muda adalah generasi yang memiliki semangat berjiwa tinggi, penuh cita dan asa untuk membangun bangsanya sendiri, penuh ide terkini yang lebih baik dari sebelumnya untuk pembangunan bangsa, Selain itu, generasi muda juga perlu dituntut untuk meningkatkan inovasi diberbagai bidang dan mampu untuk memperbaiki kekurangan atau kesalahan yang telah dilakukan oleh generasi sebelumnya/pendahulunya.  
Peran generasi muda dalam pembangunan bangsa merupakan hal yang nyata. Berbagai bakat, kemampuan, potensi serta semangat dari para pemuda memberikan warna yang berbeda bagi kemajuan dan pertumbuhan bangsa. Dalam pembangunan nasional, kita sebagai  warga negara Indonesia dan sebagai generasi muda masa depan dapat melakukannya dengan cara mengikuti program wajib belajar 9 tahun, taat membayar pajak, menaati peraturan-peraturan yang berlaku, menjaga ketertiban  dan keamanan negara, menjaga kelestarian lingkungan hidup dan lain-lain. Keberadaan generasi muda sangat penting bagi pembangunan bangsa Indonesia dalam rangka regenerasi dan upaya dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Untuk mencapai kondisi tersebut generasi Indonesia harus mempunyai kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa.
Sebagai generasi muda harusnya kita mampu untuk dapat meningkatkan pembangunan bangsa. Generasi pemuda adalah generasi penerus bangsa. Yang artinya sebagai orang yang akan meneruskan suatu bangsa, seharusnya generasi muda dapat menyadari bahwa merekalah bagian penerus pembangunan bangsa yang semestinya membangun bangsa ini jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Cara generasi muda yaitu mahasiswa dalam usaha membangun bangsa ini dapat dilakukan dengan cara belajar dengan sungguh-sungguh dan giat. Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia peran penting pemuda terlihat dari dimulainya pergerakan Budi Utomo (1908), Sumpah Pemuda (1928), Proklamasi Kemerdekaan (1945), Pergerakan Pemuda, Pelajar, dan Mahasiswa (1966), serta pada pergerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang meruntuhkan kekuasaan masa Orde Baru yang pada saat Indonesia dipimpin oleh Presiden Soeharto yang memimpin Indonesia selama 32 tahun lamanya, pada masa itu juga membawa bangsa Indonesia memasuki masa reformasi. Hal ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa pemuda selama ini berperan atif dalam proses perjuangan dan pembangunan bangsa, keamanan negara, menjaga kelestarian lingkungan hidup dan sebagainya.
Dapat dikatakan itulah awal dari pembangunan bangsa yang melibatkan para pemuda serta mahasiswa Indonesia. Pemuda dan Mahasiswa diharapkan dapat menyesuaikan diri yaitu untuk mengerjakan apa saja yang semestinya mereka lakukan guna memperbaiki keadaan dan meningkatkan produktivitas mereka sebagai bangsa.Peran pemuda dan Mahasiswa dalam era reformasi merupakan rangkaian peran mahasiswa ( pemuda ) sejak dari era Kebangkitan nasional, sumpah pemuda dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yang mencerminkan sikap Nasionalisme-Kebangsaan yang mencakup seluruh kepulauan Indonesia. ( Lukman Hakim : 2003 ).Generasi Muda yang masih mempunyai jiwa, semangat, dan ide yang masih segar dan dapat menjadikan Negara ini lebih baik, orang-orang yang mempunyai pemikiran yang visioner,sudah saatnya generasi muda bergerak dan melakukan perlawanan terhadap generasi terdahulu yang memimpin negeri ini yang tidak berpihak kepada bangsa. Lingkungan sangat penting dalam kehidupan seorang manusia yang sukses,  kemampuanya menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Para pemuda dan mahasiswa yang telah membawa bakat kepemimpinan yang baik pasti akan  mampu menjadi pemimpin dikemudian hari dan memajukan bangsa.

1 komentar:

  1. Dapatkah peran mahasiswa memberantas korupsi saat ini? Karena korupsi penyakit yang sangat sulit untuk diberantas. Jika penyakit yang satu ini dapat diberantas maka kehidupan bangsa Indonesia akan semakin baik.

    BalasHapus