Senin, 18 Maret 2013

Kiat Kiat Belajar Di Perguruan Tinggi

Edit Posted by with No comments


1.       Jadikan belajar sebagai ibadah agar semangat.
2.    Jadikan belajar sebagai hobi. Ini akan membantu kalian supaya dapat lebih berkonsentrasi terhadap mata kuliah yang sedang dipelajari dan ditekuni.
3.       Jadwalkan kegiatan secara cermat. Dengan melakukan hal ini kalian dapat lebih fokus denngan kegiatan yang telah dilakukan karena sudah mengaturnya, ini juga bermanfaat supaya kalian tidak lelah jika harus kuliah setiap hari.
4.    Belajar di rumah.
5.    Buat target tiap semester agar kulliah memiliki tujuan apa yang ngin diperoleh.
6.       Usahakan lulus semua mata kuliah di semester 1,2,3. Ini dilakukan supaya di semester-semester selanjutnya ketika perkuliahan mulai lebih padat tidak terlalu stress dengan mata kuliah yang belum lulus di semester 1,2,3.
7.    Tanyakan karakteristik dan sifat dosen saat perkulliahan di awal semester. Ini berguna karena beda dosen akan beda karakteristiknya, selain itu beda dosen maka akan berbeda tipe soalnya
8.    Jangan bolos bila tidak terlalu penting. Karena bila kalian bolos berarti kalian akan tertinggal matakuliah yang diajarkan saat itu. Sekalipun bisa meminjam catatan teman pemahaman langsung dari dosen bersangkutan akan berbeda dengan pemahaman yang didapat melalui catatan teman.
9.       Janganlah datang terlambat. Biasakan untuk datang tepat waktu akan lebih baik.
10. Pelajari dahulu mteri sebelum memulai perkuliahan. Ini akan memudahkan kalian untuk memahami matakuliah tersebut, jadi ketika masuk perkuliahan tidak bingung, cukup tinggal mendengarkan, memahami dan menanyakan mengenai yang belum kalian pahami
11.  Jika belum mengerti, bertanyalah ! supaya kalian tidak kesulitan saat mempelajari hal yang kalian belum pahami di rumah, mengerjakan tugas dan tentu saja memudahkan kalian saat ujian
12.  Buatlah catatan kuliah yang baik dan dimengerti oleh diri sendiri. Jangan sampai kaiian merasa bingung sendiri dengan apa yang telah kalian catat di buku dan akhirnya malas belajar. Ada baiknya catatan yang kalian tulis sesuai degan kalimat sendiri supaya lebih mudah dipahami
13.    Setiap selesai kuliah, bacalah catatan sekali lagi. Ini berguna agar ilmu yang dipelajari tidak langsung terlupakan begitu saja sesaat setelah jam perkuliahan mata kuliah tersebut berakhir.
14.  Memanfaatkan Perpustakaan. Di perpustakaan banyak refrensi buku yang mendukung kalian untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan baik itu mengenai mata kuliah yang sedang kalian pelajari ataupun tidak.
15.  Belajar secara kontinyu. Ini berguna agar ilmu yang didapat tidak lekas terlupakan begitu saja. Semakin sering dipeajari maka ilmu yang kita pelajari akan semakin melekat dalam ingatan J.
16.  Temukan gaya belajarmu sendiri. Dimana dan bagaimana kalian belajar akan mempengaruhi seberapa banyak ilmu yang di serap. Temukan “zona nyamanmu” untuk belajar.
17.    Bacalah buku yang disarankan dosen.
18.  Jangan menghapal rumus melainkan memahaminya dan sering menerapkan atau menggunakannya dengan sering latihan soal soal yang menggunakan rumus tersebut.
19.  Menjelang UTS, UAS segarkan ingatan dengan mengulang (review) bahan kuliah.

0 komentar:

Posting Komentar