Sejarah
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober
1983 untuk IBM PC. Saat itu
dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan
merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring
pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat
itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word
processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya
teks dengan kode markup dan
warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak
perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan
sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan
resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang
beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba
untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh.
Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan
perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak
membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk
sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah
Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi
memiliki banyak bug. Dalam
hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh
lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi
salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini
kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang
dirilis pada tahun 1989,
merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Microsoft
Word atau Microsoft Office
Word adalah perangkat lunak pengolah
kata (word processor)
andalan Microsoft.
Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk
berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983),
Apple
Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft
Windows (1989). Setelah menjadi bagian
dari Microsoft Office
System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari
Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya
Microsoft Windows 3.0 pada tahun
selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for
Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya
sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga
merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar
pengolah kata.Bagian-bagian yang ada pada Microsoft word 2003 beserta fungsinya
Di dalam
Microsoft word 2003 terdiri dari yang namanya Tollbar.Toolbar
adalah kumpulan perintah-perintah yang digunakan untuk membuat suatu dokumen
dalam program pengolah kata Microsoft word.Toolbar itu sendiri terdiri atas 3
bagian, yaitu:
ToolBar Menu
Yang termasuk ke dalam toolbar menu adalah:
1. Menu File
Yang termasuk ke dalam toolbar menu adalah:
1. Menu File
Menu
file berfungsi untuk mengatur file dokumen
seperti menyimpan, membuka, mengatur kertas dokumen, dsb.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu
file.
1. New : Membuat file yang baru
2. Open : Membuka File yang pernah kita buat (Ctrl+O)
2. Open : Membuka File yang pernah kita buat (Ctrl+O)
3. Close : Menutup file yang sedang kita
buka
4. Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama (Ctrl+S)
5. Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
6. Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
7. Web page Preview : Preview halaman web
8. Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
9. Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
10. Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas (Ctrl+P)
11. Sent To : Mengirimkan dokumen
12. Exit : Keluar dari Program Word
4. Save : Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama (Ctrl+S)
5. Save As : Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
6. Save as Web Page : Menyimpan dokumen sebagai halaman web
7. Web page Preview : Preview halaman web
8. Page Setup : Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
9. Print Preview : Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
10. Print : Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas (Ctrl+P)
11. Sent To : Mengirimkan dokumen
12. Exit : Keluar dari Program Word
2. Menu Edit
Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu edit.
Menu Edit berfungsi untuk melakukan pengeditan dokumen. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu edit.
1. Undo Typing : Membatalkan perintah
yang sudah terlanjur dilaksanakan
2. Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
3. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
4. Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
5. Clear : Membersihkan
6. Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
7. Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
8. Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
9. Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
10. Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru
2. Repeat Typing : Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
3. Cut : Menghapus suatu objek dari lembar kerja
4. Copy : Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
5. Clear : Membersihkan
6. Paste : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi y yang tepat
7. Paste Special : Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
8. Select All : Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
9. Find : Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
10. Replace : Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru
11. Go To : Menuju kehalaman, baris,
persamaan tertentu dengan cepat
3. Menu Insert
Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu insert.
Menu Insert berfungsi untuk menambahkan sesuatu ke dalam dokumen.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu insert.
1.
Break : Berganti Halaman
2. Page Number : Penomoran halaman
3. Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
4. Symbol : Menyisip suatu simbol
5. Footnote : Membuat catatan kaki
6. Picture : Menyisip gambar
7. Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
8. Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
9. File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
10.Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja.
2. Page Number : Penomoran halaman
3. Date and Time : Menyisip waktu dan hari serta formatnya
4. Symbol : Menyisip suatu simbol
5. Footnote : Membuat catatan kaki
6. Picture : Menyisip gambar
7. Diagram : Menyisip diagram kedalam dokumen
8. Text Box : Menyisip teks di dalam kotak
9. File : Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
10.Object : Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja.
4. Menu Format
Menu Format berfungsi untuk mengatur format sebuah dokumen. Seperti mengatur format huruf, paragraf dll. Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu format.
1. Font : Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
2. Paragraph : Mengatur jarak baris ( Line Spacing )
3. Bullet and Numbering : Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
4. Border and shading : Memberi border ( Bingkai ), dan shading pada teks yang kita buat
5. Columns : Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
6. Tabs : Untuk mengatur ukuran tab
7. Drop Caps : Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
8. Teks Direction : Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
9. Change Case : Merubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
10. Back Ground : Mengatur warna latar belakang lembar kerja
11. Theme : Menerapkan tema yang diinginkan
12. Styles and Formatting : Memformat jenis huruf
5. Menu Table
Menu Table berfungsi untuk membuat table dan mengatur tabel tersebut.
Berikut ini gambar dan fungsi bagian yang ada di menu table.
1.
Draw Table : Untuk mengeluarkan toolbars table and border
2. Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
3. Delete : Menghapus tabel, baris dll
4. Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
5. Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
6. Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
7. Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
8. Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
9. Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
10. Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
11. Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
12. Sort : Mensorting data yang ada pada tabel
13. Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
14. Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel
2. Insert : Perintah untuk menyisip tabel, baris, dll
3. Delete : Menghapus tabel, baris dll
4. Select : Memilih suatu tabel, baris, kolom dll
5. Merge Cells : Menggabung beberapa cell tabel dalam satu cell
6. Split Cells : Memisahkan kembali Cell yang telah digabung
7. Split Table : Membagi suatu sel pada tabel
8. Tabel Auto Format : Membuat suatu tabel sekaligus memformatnya
9. Auto Fit : Membuat tabel dan kolom tabel sesuai dengan acuan yang ada
10. Heading rows repeat : Menggunakan judul atau Header tabel berulang
11. Convert : Merubah teks untuk tabel dan sebaliknya
12. Sort : Mensorting data yang ada pada tabel
13. Formula : Memasukkan suatu fungsi atau rumus pada tabel
14. Hide Gridlines : Menampilkan garis pada suatu tabel
7. Menu Help
Menu Help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word.
Menu Help berfungsi untuk memberi bantuan kepada kita yang belum tahu
Microsoft Word.
Microsoft Word 2010
Microsoft Word 2010
|
Microsoft Word adalah program
aplikasi bisnis yang berguna untuk membuat dokumen, mengolah kata, dan
surat-menyurat. Versi terbaru program ini adalah Microsoft Word 2010,
yang dirilis pada tanggal 15 Juni 2010 sebagai bagian dari paket Microsoft
Office 2010. Software Microsoft Word dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft
Corporation.
Perangkat
lunak komputer ini memiliki kelebihan pada kelengkapan fitur pengolahan
dokumen. Microsoft Word bisa digunakan untuk kebutuhan pengolahan teks
sederhana seperti pembuatan surat dan memo, hingga kebutuhan tingkat lanjut
seperti pembuatan naskah buku, dokumentasi, bahkan halaman web. Aplikasi
perkantoran ini juga dilengkapi dengan beragam template yang siap pakai,
mulai dari lembar fax, surat bisnis, biodata, hingga aneka dokumen publikasi
seperti brosur, kartu nama, kalender, dan sebagainya. Salah satu fitur
terbarunya yang mulai populer adalah kemampuannya untuk menyusun dokumen untuk
dipublikasikan langsung ke sebuah blog.
Program Microsoft Word banyak diaplikasikan dan digunakan oleh berbagai kalangan pengguna komputer, mulai dari pelajar dan mahasiswa hingga kalangan bisnis dan perkantoran. Microsoft Word merupakan software komersial dengan harga lisensi $140 USD (atau $500 USD untuk paket Microsoft Office Professional 2010). Microsoft Word dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP XP3, Windows Vista, Windows 7. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor 500 megahertz MHz, memori (RAM) 256 MB, resolusi monitor 1024x768 piksel, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 1,5 GB.Versi ini adalah versi paling terbaru yang dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows, dengan dukungan Untuk Windows 8, Windows 7 , Windows Vista (Dengan Service Pack 2), Microsoft Windows XP (Service Pack 3)
Program Microsoft Word banyak diaplikasikan dan digunakan oleh berbagai kalangan pengguna komputer, mulai dari pelajar dan mahasiswa hingga kalangan bisnis dan perkantoran. Microsoft Word merupakan software komersial dengan harga lisensi $140 USD (atau $500 USD untuk paket Microsoft Office Professional 2010). Microsoft Word dapat dijalankan di sistem operasi Windows XP XP3, Windows Vista, Windows 7. Untuk menginstall versi terbaru program ini, komputer Windows Anda harus memiliki spesifikasi minimal menggunakan prosesor 500 megahertz MHz, memori (RAM) 256 MB, resolusi monitor 1024x768 piksel, dan harddisk dengan kapasitas kosong minimal 1,5 GB.Versi ini adalah versi paling terbaru yang dikeluarkan Microsoft untuk Office pada Windows, dengan dukungan Untuk Windows 8, Windows 7 , Windows Vista (Dengan Service Pack 2), Microsoft Windows XP (Service Pack 3)
- Penghilangan
fitur fitur yang tidak diperlukan di Microsft Office 2010, membuat lebih
ringan.
- Dukungan
Grafis 3D Yang lebih baik
- Mendukung
Standarisasi format Open Document Format (.odf)
- Penyimpanan
terhadap format .pdf dan .xps yang lebih mudah
- Terintegrasi
dengan Windows Live sehingga dapat menyimpan data di Cloud Awan
- Disediakanya
versi 32 bit dan 64 bit
- Ribbon
yang simpel dan mudah digunakan.
0 komentar:
Posting Komentar